Sebelum konsumen memutuskan pembelian, konsumen
akan melakukan evaluasi terhadap alternatif-alternatif produk dengan
menggunakan informasi yang tersimpan dalam ingatan serta informasi lain yang
datang dari luar. Peranan manajer pemasaran adalah memperkirakan
atribut-atribut yang mempengaruhi pilihan konsumen. Banyak faktor yang
mempengaruhi evaluasi konsumen terhadap suatu produk seperti kualitas, manfaat,
kemudahan dan sebagainya. Misalnya konsumen lebih memilih merek produk coffeemix, di mana menurut pertimbangan produk tersebut
mudah dalam penggunaan dan dapat ditemukan di berbagai tempat.
Kriteria
yang digunakan konsumen selama pengambilan keputusan akan tergantung pada
beberapa faktor, diantaranya:
1)
Pengaruh situasi,
2)
Kesamaan alternatif-alternatif pilihan,
3)
Motivasi,
4)
Keterlibatan,
5)
Pengetahuan
(Engel.
J. F. et al, 1995) Terdapat beberapa
proses evaluasi keputusan, dimana kebanyakan model dari proses evaluasi
konsumen sekarang bersifat kognitif, yaitu mereka memandang konsumen sebagai
pembentuk penilaian terhadap produk terutama berdasarkan pada pertimbangan yang
sadar dan rasional (Setiadi, 2003).
Evaluasi
alternatif merupakan suatu proses dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi
dan dipilih oleh konsumen. Pada tahap evaluasi konsumen harus:
1).
Menentukan kriteria yang akan digunakan untuk menilai alternatif,
2).
Memutuskan alternatif mana yang akan dipertimbangkan,
3).
Menilai kinerja dan alternatif yang dipertimbangkan dan
4).
Memilih dan menerapkan kaidah keputusan untuk membuat pilihan akhir.
Menentukan Alternatif Pilihan
l
Teknik
Kompensatori
l
Teknik
Nonkompensatori
l
Teknik
Leksikografik
l
Teknik
Pengurangan bertahap
l
Teknik
Konjungtif
l
Teknik
Disjungtif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar