Lima
tahap utama dalam proses pengambilan keputusan konsumen, yaitu:
1. Pengenalan kebutuhan
2. Identifikasi alternatif
3. Evaluasi alternatif
4. Keputusan
5. Perilaku pasca pembelian
Pengambilan
keputusan konsumen pada kenyataannya tidak semudah yang disarankan model lima
tahap tersebut. Konsumen mungkin membuat suatu keputusan sangat cepat atau
mempertimbangkan secara matang satu atau dua tahap.
Proses
pengambilan keputusan oleh konsumen dipengaruhi oleh:
a. Tingkat keterlibatan konsumen
Banyak faktor di dalam individu dan di
luar diri mereka yang memengaruhi pengambilan keputusan tersebut. Misalnya,
konsumen tidak dapat membuat keputusan mengenai sebuah barang atau jasa jika
mereka tidak mengetahui kebutuhan tertentu.
Contohnya: produk-produk seperti jasa
pendidikan atau asuransi jiwa, atau program tabungan.
b. Perilaku pasca pembeliaan
Jika evaluasi pasca pembelian mereka
menguatkan keputusan mereka, mereka kemungkinan akan membelinya lagi. Jika pembelian
mereka menyebabkan ketidakpuasan, mereka kemungkinan tidak akan menjadi
pembeli-ulang.
c. Faktor-faktor eksternal yang berdampak
pada perilaku
Keputusan konsumen dipengaruhi oleh
faktor-faktor lingkungan eksternal seperti surat kabar dan majalah, pamflet perusahaan
dan wiraniaga, teman, kenalan, dan kolega, serta kelompok-kelompok sosial dan
budaya yang mereka menjadi bagian darinya. Tingkat pengaruh dari faktor-faktor
eksternal ini bervariasi menurut waktu dan tergantung pada situasi.
Contohnya: pengaruh pembelian produk
smartphone seperti handphone blackberry yang sekarang diminati banyak kalangan.
Sumber : buku manajemen pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar