Kamis, 11 Oktober 2012

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN


Lima tahap utama dalam proses pengambilan keputusan konsumen, yaitu:
1.    Pengenalan kebutuhan
2.    Identifikasi alternatif
3.    Evaluasi alternatif
4.    Keputusan
5.    Perilaku pasca pembelian

Pengambilan keputusan konsumen pada kenyataannya tidak semudah yang disarankan model lima tahap tersebut. Konsumen mungkin membuat suatu keputusan sangat cepat atau mempertimbangkan secara matang satu atau dua tahap.

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen dipengaruhi oleh:
a.    Tingkat keterlibatan konsumen
Banyak faktor di dalam individu dan di luar diri mereka yang memengaruhi pengambilan keputusan tersebut. Misalnya, konsumen tidak dapat membuat keputusan mengenai sebuah barang atau jasa jika mereka tidak mengetahui kebutuhan tertentu.
Contohnya: produk-produk seperti jasa pendidikan atau asuransi jiwa, atau program tabungan.

b.    Perilaku pasca pembeliaan
Jika evaluasi pasca pembelian mereka menguatkan keputusan mereka, mereka kemungkinan akan membelinya lagi. Jika pembelian mereka menyebabkan ketidakpuasan, mereka kemungkinan tidak akan menjadi pembeli-ulang.

c.    Faktor-faktor eksternal yang berdampak pada perilaku
Keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan eksternal seperti surat kabar dan majalah, pamflet perusahaan dan wiraniaga, teman, kenalan, dan kolega, serta kelompok-kelompok sosial dan budaya yang mereka menjadi bagian darinya. Tingkat pengaruh dari faktor-faktor eksternal ini bervariasi menurut waktu dan tergantung pada situasi.
Contohnya: pengaruh pembelian produk smartphone seperti handphone blackberry yang sekarang diminati banyak kalangan.


Sumber : buku manajemen pemasaran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar