Sabtu, 06 Oktober 2012

PENGARUH SITUASI


PENGARUH SITUASI KONSUMEN PADA KONSUMSI COKLAT DI HARI VALENTINE

Pengaruh Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.

Pengaruh situasi didefinisikan sebagai semua faktor yang dapat member keterangan tempat dan waktu yang tidak berasal dari pengetahuan seseorang (dari dalam diri) dan rangsangan (pilihan alternative) atribut yang dapat diperagakan dan memberikan pengaruh secara sistematis terhadap perilaku saat ini.
Situasi adalah paket dari faktor luar diri konsumen yang digerakkan dari atribut yang relatif permanen atau stabil sebaik reaksi konsumen terhadap objek respons primer.
Konsumen tidak merespons terhadap rangsangan seperti produk dan iklan yang disajikan oleh pemasar dalam isolasi. Sebaiknya, konsumen merespons kepada rangsangan pemasar secara simultan. Untuk memahami konsumen, kita harus mengetahui tentang konsumen, tentang objek seperti produk yang direspons konsumen dan situasi di mana respons ini terjadi [Hawkins (2001:478)]

Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang “PENGARUH SITUASI KONSUMEN PADA KONSUMSI COKLAT DI HARI VALENTINE”
Kalau menurut sejarahnya, tidak diragukan lagi bahwa budaya memperingati 14 Februari sebagai hari ‘cinta’ adalah budaya gereja yang berakar dari budaya paganisme.
Penjualan makanan olahan coklat meningkat tajam disaat menjelang perayaan valentine. Seolah coklat dijadikan bagian dari budaya Valentine.
Konsumsi cokelat tersebut meningkat disaat hari valentine saja sedangkan hari biasa tidak begitu meningkat.
Nah dari contoh diatas tersebut adalah pengaruh situasi pemakaian. Artinya coklat di  pakai/di makan meningkat hanya pada saat hari valentine saja. Situasi saat hari valentine, berpengaruh pada meningkatnya permintaan coklat, dibanding hari-hari biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar