Pengaruh keluarga merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Berikut adalah macam-macam
keluarga, yaitu:
·
Keluarga
Orientasi adalah keluarga yang terdiri dari orangtua yang memberikan arah dalam
hal tuntutan agama, politik, ekonomi, dan harga diri. Bahkan jika pembeli sudah
tidak berhubungan lagi dengan orangtua, pengaruh terhadap perilaku pembeli
tetap ada.
·
Keluarga
Prokreasi adalah keluarga yang terdiri atas suami-istri dan anak pengaruh
pembelian itu akan sangat terasa.
Pemasar perlu menentukan
bagaimana interaksi di antara para anggota keluarga dalam mengambil keputusan
dan berapa besar pengaruh dari mereka
masing-masing. Sehingga dengan memahami dinamika pengambilan keputusan dalam
suatu keluarga, pemasar dapat dibantu dalam menetapkan strategi pemasaran yang
terbaik bagi anggota keluarga yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar