Dalam bahasa inggris ada berbagai macam jenis-jenis
surat ataupun email. Para pembicara yang menggunakan bahasa Inggris juga harus
bisa dalam menulis berbagai macam email dan surat ini apabila ingin tetap
sukses dalam bisnisnya. Untuk bisa menguasai dalam penggunaan ataupun penulisan
surat-surat dan email bahasa Inggris ini tentunya harus dimulai dari dasar.
Ketika kita sudah mulai mengerti berbagai macam style surat bisnis,
kalimat-kalimatnya, kalimat sapa, cara mengakhiri surat, bisa dilanjutkan ke
fase berikutnya untuk lebih mengasah keahlian menulis surat ini dengan menulis
berbagai macam jenis surat bisnis berikut ini.
Surat meminta informasi (inquiry)
buatlah surat meminta informasi ketika anda
membutuhkan informasi lebih banyak akan suatu produk maupun servis. Surat
bisnis jenis ini cenderung menuliskan secara spesifik jenis barang untuk
dimintakan informasi mendetailnya dalam sebuah katalog, brosur, maupun nomor
telpon. Membuat surat permintaan informasi bisa membantu kita juga untuk tetap
up to date informasi bisnis.
Surat iklan penjualan (istilahnya Sales letter)
Sales letter digunakan untuk memperkenalkan produk
yang baru kepada para klien dan kostumer-kostumer baru. Sangatlah penting untuk
menyebutkan masalah-masalah para klien dan kemudian memberikan solusinya dengan
produk yang dijual.
Balasan surat permintaan informasi
Membalas atau me-reply surat bisnis sangatlah
penting untuk dilakukan. Para konsumen yang tertarik akan produk kita merupakan
prospek bisnis terbaik bagi kita. Pelajari bagaimana berterimakasih kepada
pembeli dan berikan sebanyak mungkin informasi tentang produk kita kepada calon
pembeli.
Surat syarat dan kondisi keanggotaan (biasanya
disebut Account Terms and Conditions)
Ketika kostumer baru menjadi anggota sangatlah
penting untuk memberikan informasi tentang syarat-syarat dan kondisi
keanggotaan. Jika anda menjalankan sebuah usaha kecil maka membuat surat jenis
ini menjadi hal “lumrah”.
Surat pernyataan atau konfirmasi
Untuk keperluan legal/hukum sangat dibutuhkan surat
pernyataan ataupun surat konfirmasi. Kadang disebut juga sebagai “letters of
receipt” atau “acknowledgment letters” dan surat jenis ini cenderung untuk
bersifat resmi dan singkat.
Surat pemesanan atau disebut juga placing an Order
Seorang bisnisman terkadang harus membuat surat
jenis ini terutama sekali ketika memesan barang dalam jumlah banyak. Anda tentu
tidak ingin barang pesanan anda tidak sesuai dengan waktu pengantaran dan spek
yang telah ditentukan.
Surat gugatan atau meminta ganti rugi (claim)
Sayangnya dari waktu kewaktu terkadang kita harus
mengajukan ganti rugi atas orderan barang yang tidak sesuai maupun servis yang
mengecewakan. Surat jenis ini dibutuhkan untuk menyatakan ketidakpuasan kita
dan pernyataan ganti rugi baik berupa ganti barang maupun pengembalian uang.
Surat membalas klaim
Walau sebagai pebisnis terbaikpun pasti pernah
berbuat kesalahan dari waktu ke waktu. Dalam kasus ini biasanya kita akan
mendapatkan surat klaim dari pelanggan maupun kostumer. Untuk menjawab surat
komplain tersebutlah maka kita perlu bisa dalam membuat surat untuk membalas
surat pengajuan gugatan.
Surat Cover Letter atau lebih dikenalnya adalah
surat lamaran kerja
Surat jenis ini sangatlah terkenal sekali di antara
para pencari kerja. Biasanya surat lamaran kerja berisi pendahuluan, sedikit
isi dari CV kita, dan sikap positif kita bila diterima kerja di perusahaan yang
kita lamar.
SUMBER:
http://jujubandung.wordpress.com/2012/11/05/berbagai-macam-tipe-surat-bisnis-dalam-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar