I.
LAYOUT of ENGLISH BUSINESS LETTER
II.
MANUAL BOOK
1. Letter Head ( Kop Surat ) :
Merupakan identitas yang berisi logo, nama, alamat dan telepon dari pengirim
surat.
2. Date ( Tanggal ) :
Berisi tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat. Penulisan date pada British
Style berbeda dengan American Style.
Contoh penulisan date menggunakan British Style
03rd April 1990
Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya saja pada tanggal ditambahkan akhiran bilangan bertingkat. Posisi date pada British Style ditempatkan di sebelah kanan atas surat.
Contoh penulisan date menggunakan American Style
April 03, 1990
Penulisan date menggunakan American Style ditempatkan di sebelah kiri atas surat dengan format Month Date, Year.
Contoh penulisan date menggunakan British Style
03rd April 1990
Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya saja pada tanggal ditambahkan akhiran bilangan bertingkat. Posisi date pada British Style ditempatkan di sebelah kanan atas surat.
Contoh penulisan date menggunakan American Style
April 03, 1990
Penulisan date menggunakan American Style ditempatkan di sebelah kiri atas surat dengan format Month Date, Year.
3. Inside Address ( Alamat Tujuan ) : Berisi
informasi lokasi penerima surat yang berisikan nama penerima, alamat, kode pos,
negara.
4. Salutation ( Salam Pembuka ) : Berisikan salam pembuka untuk
mengawali isi dari sebuah surat.
Jika mengetahui nama dan jenis kelamin
penerima surat maka dituliskan dengan format seperti berikut : Dear Ms /
Miss / Mrs / Mr / Dr + surname
Contoh : “Dear Mr Krisman” atau dituliskan tanpa gender “Dear Krisman”
Contoh : “Dear Mr Krisman” atau dituliskan tanpa gender “Dear Krisman”
Jika tidak mengetahui nama penerima surat maka
dituliskan seperti
Untuk Mitra bisnis yang sudah saling akrab
biasanya menuliskan dengan “Dear Sue”
Penggunaan tanda baca pada salutation
menggunakan British Style dituliskan tanpa tanda baca (titik koma atau koma)
dan dalam American Style menggunakan tanda titik dua.
Dear Mr Krisman => contoh dalam British Style
Dear Mr. Krisman: => contoh dalam American Style
Dear Mr Krisman => contoh dalam British Style
Dear Mr. Krisman: => contoh dalam American Style
5. Body of Letter ( Isi Surat ) : Merupakan
isi dari surat yang berisikan alasan atau tujuan dari surat tersebut.
6. Complentary Close ( Salam Penutup ) : Berisikan
kata penutup yang mengakhiri isi surat yang ditempatkan dengan jarak dua spasi
dari baris terakhir isi surat.
·
Ekspresi umum yang digunakan untuk menutup surat
bisnis formal adalah Thank you, Sincerely, Sincerely yours, and Yours
truly.
·
Ekspresi yang digunakan untuk surat bisnis kurang
formal adalah Regards, Best regards, and Best wishes. Ini biasanya digunakan
ketika mengirimkan surat bisnis kepada orang yang sudah dikenal atau teman.
·
Complementary close menggunakan tanda baca koma
pada akhir kata.
7. Signature ( Tanda Tangan ) : Berisi
tanda tangan pengirim surat yang dibubuhkan secara langsung atau dicetak.
8. Subject : Bagian ini
merupakan baris yang berisi pokok permasalahan yang mewakili isi surat.
Subject ditempatkan di kiri atas surat.
Penulisan subject menggunakan British Style: Subject ditempatkan diantara salutation dan isi surat.
Penulisan subject menggunakan American Style: Subject ditempatkan diatas salutation.
Penulisan subject menggunakan British Style: Subject ditempatkan diantara salutation dan isi surat.
Penulisan subject menggunakan American Style: Subject ditempatkan diatas salutation.
9. Reference (Referensi) : Didalam
surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang
menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu
nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu
berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat
diatas date.
Contoh : Your ref : 22 March 2004
Our Ref : BS/KF
Contoh : Your ref : 22 March 2004
Our Ref : BS/KF
10.
Enclosure
( Lampiran ) : Berisi jumlah lampiran yang terlampir
bersama dengan surat tersebut.
11.
PS
(Postscript) : Postscript adalah informasi tambahan yang
ditulis pada surat. Postscript biasanya dipakai pada surat - surat penjualan
guna memikat dan memotivasi pembaca. Postsript ditulis di bagian bawah surat
dan diberi inisial "P.S".
Contoh : P.S. We will grant you 40% cash discount before 25 November 2011
Contoh : P.S. We will grant you 40% cash discount before 25 November 2011
12.
CC
(Carbon Copy) : Bagian ini digunakan untuk
menginformasikan kepada penerima surat, bahwa surat tersebut juga dikirimkan
kepada pihak yang perlu mengetahui isi surat. CC ditempatkan di kiri bawah
surat.
Contoh : CC : Bagian Keuangan
Contoh : CC : Bagian Keuangan
III.
FORM AND STYLE OF BUSINESS LETTER
1.
Indented
Business Letter
Pada format ini letter head, complementary close, dan signature berada di tengah surat. Sedangkan date berada di posisi rata kanan. Sedangkan inside address, subject, salutation, serta body of letter berada di posisi rata kiri. Namun, pada baris inside address maupun subject akan bertambah spasinya atau setiap baris semakin ke kanan sebanyak jumlah baris dari inside address serta subject. Pada setiap awal paragraf dari isi surat memiliki spasi.
Pada format ini letter head, complementary close, dan signature berada di tengah surat. Sedangkan date berada di posisi rata kanan. Sedangkan inside address, subject, salutation, serta body of letter berada di posisi rata kiri. Namun, pada baris inside address maupun subject akan bertambah spasinya atau setiap baris semakin ke kanan sebanyak jumlah baris dari inside address serta subject. Pada setiap awal paragraf dari isi surat memiliki spasi.
2.
Full
Block Business Letter
Pada format ini letter head, date, inside address, subject, salutation, body of letter, complementary close, signature atau secara keseluruhan dari format surat berada di posisi rata kiri.
Pada format ini letter head, date, inside address, subject, salutation, body of letter, complementary close, signature atau secara keseluruhan dari format surat berada di posisi rata kiri.
3.
Modified
Block Business Letter
Pada format ini letter head, date, complementary close, dan signature berada di posisi rata kanan. Sedangkan inside address, subject, salutation, body of letter, maupun enclosure jika terdapatnya lampiran surat, berada di posisi rata kiri.
Pada format ini letter head, date, complementary close, dan signature berada di posisi rata kanan. Sedangkan inside address, subject, salutation, body of letter, maupun enclosure jika terdapatnya lampiran surat, berada di posisi rata kiri.
4.
Semi-Block
English Letter
Pada format ini letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata tengah surat. Sedangkan inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Pada setiap awal paragraf dari isi surat memiliki spasi.
Pada format ini letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata tengah surat. Sedangkan inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Pada setiap awal paragraf dari isi surat memiliki spasi.
5.
Hanging
English Letter
Pada format ini letter head berada di posisi tengah surat, sedangkan date, complementary close, dan signature berada di posisi kanan surat. Dan bagian inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Pada setiap awal baris paragraf dari isi surat berada di posisi rata kiri, namun baris-baris berikutnya pada paragraf memiliki spasi.
Pada format ini letter head berada di posisi tengah surat, sedangkan date, complementary close, dan signature berada di posisi kanan surat. Dan bagian inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Pada setiap awal baris paragraf dari isi surat berada di posisi rata kiri, namun baris-baris berikutnya pada paragraf memiliki spasi.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar