Hal paling penting dalam menulis sebuah surat
bisnis bahasa Inggris adalah Ketelitian. Dan Salah satu aspek dalam menulis
surat bisnis yang membutuhkan ketelitian adalah mengetahui jenis surat yang
akan digunakan. Setidaknya ada 10 jenis surat bisnis yang perlu anda ketahui.
1.
Surat Komplain (Letter of Complaint).
Surat
Komplain merupakan salah satu surat yang suka dipakai dalam sebuah hubungan
bisnis. Jelaskanlah komplain anda dengan poin-poin dan berurutan secara sopan.
Dengan tulisan yang sopan setidaknya dapat mengurangi rasa marah anda ketika
menulis surat jenis ini.
2.
Resume Cover Letter.
Surat
ini biasanya menyertai CV lamaran kerja. Sebuah surat resume seharusnya ditulis
singkat dengan satu tujuan yaitu membujuk atau merayu pembacanya mengenai isi
yang ada dalam CV atau Curriculum Vitae. dalam menulis surat ini anda harus
menyebutkan judul pekerjaan yang ingin didapatkan serta kemampuan atau skill
anda yang berhubungan.
3.
Surat Rekomendasi (Letter of Recommendation).
Sebuah
surat rekomendasi pakai bahasa Inggris memberikan anda kesempatan untuk
menggunakan beberapa kalimat yang benar-benar dipilih untuk mempengaruhi
seseorang atau memberitahu seseorang mengapa anda begitu menghargai si orang
ketiga. Hindarilah godaan untuk melebih-lebihkan kemampuan seseorang dalam
menuliskan surat jenis ini, jujur dan obyektif adalah kuncinya.
4.
Surat Berhenti Kerja (Resignation Letter)
Surat
resmi pengunduran diri haruslah bersifat bijaksana. Hindarilah untuk menuliskan
hal-hal yang akan merusak hubungan baik anda dengan penerima surat. Berikan
alasan yang baik mengapa anda tidak bisa lagi bekerja di tempat yang sekarang.
5.
Surat Pemberitahuan Tidak Diterima kerja
Dalam
beberapa kasus anda perlu mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pelamar
kerja bahwa dia tidak terpilih untuk mengisi posisi pekerjaan yang ada. Pada
pembukaan surat tuliskanlah terimakasih untuk waktunya, puji dia akan
pengalamannya atau pendidikan yang telah ditempuhnya dan jelaskan bahwa dia
bukanlah yang dicari oleh perusahaan pada saat sekarang.
6.
Surat tidak bisa mengikuti undangan makan malam
(declining dinner invitation)
Merupakan
sebuah surat bisnis yang bila tidak ditulis secara hati-hati akan sangat
memalukan kita. Lanjutkanlah apresiasi anda terhadap undangan makan malam
tersebut dan sebutkanlah bahwa anda telah ada janji lain di waktu tersebut.
Jangan tuliskan detail acara yang akan anda lakukan.
7.
Surat Menerima Hadiah (Reception of Gift)
Sangatlah
sopan bila kita merespon seseorang yang telah memberikan hadiah dengan
mengirimkan surat bisnis yang menjelaskan bahwa kita telah menerimanya.
Lanjutkan rasa terimakasih kita untuk memberitahunya bahwa kita sangat
menghargai hadiah yang telah diberikan. Bila memungkinkan tuliskanlah bahwa
hadiah yang diterima benar benar berguna.
8.
Surat Pemberitahuan Kesalahan (Notification of
Error)
Dalam
menulis surat bisnis yang memberitahukan pembacanya bahwa sebuah kesalahan pada
dokumen telah diperbaiki, sebaiknya kita mengirimkan salinan dari dokumen yang
salah itu. Bila perlu tawarkan tambahan salinan dokumen yang salah tersebut
untuk dikirimkan.
9.
Surat terimakasih atas diterimanya kerja (Thanks
for job recommendation)
Sebuah
surat kepada pihak yang telah memberikan bantuan sehingga kita diterima kerja
haruslah bersifat profesional dan sopan. Selain itu, hindarilah terimakasih
yang berlebihan. Dan sadarilah bahwa kita diterima kerja bukan hanya karena
adanya bantuan dari pihak lain, tetapi terutama karena kemampuan kita juga.
10. Permintaan
informasi (Information Request)
Surat mengenai permintaan informasi
dalam bahasa Inggris haruslah dibuat secara detail dan mudah dimengerti.
Sebutkan juga alasan dari meminta informasi tersebut. Tuliskan apresiasi anda
terhadap kerjasama dan waktu yang telah diberikan.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar