Sabtu, 05 Januari 2013

PENGARUH KELUARGA DAN RUMAH TANGGA DALAM PERILAKU KONSUMEN


Keluarga sebagai sebuah kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih yang terikat oleh perkawinan, darah (keturunan: anak atau cucu) atau adopsi yang biasanya tinggal bersama dalam satu rumah. Yang membedakan keluarga dengan kelompok lain adalah keluarga terbentuk oleh pernikahan atau kelahiran, memiliki hubungan yang permanent dan emosional, berorientasi pada hubungan antar pribadidan bukan pada suatu tujuan tertentu seperti halnya organisasi.
Seorang anak yang biasanya berperan sebagai pengguna akhir dari produk yang dibeli dapat memberi pengaruh yang tidak kecil pada pengambilan keputusan pembelian suatu barang dalam keluarganya.
Biasanya anak mencoba memberi pengaruh pada orang tuanya untuk membeli.Walaupun anak tidak mendominasi pengambilan keputusan beli, mereka mempunyai potensi yang besar untuk membentuk aliansi baik dengan ayahnya maupun dengan ibunya dalam membentuk mayoritas pengambilan keputusan beli. Anak bisa berpengaruh pada setiap tahap proses membeli kecuali pada keputusan berapa banyak uang yang akan dibelanjakan. Dalam proses pembelian suatu produk anak berpotensi sebagai konsumen skunder yaitu dapat mempengaruhi orang tua untuk membeli produk yang mereka sukai.

contohnya adalah pada saat orang tua membeli mobil biasanya anak mereka terlibat dalam berbagai tahap keputusan. bentuk, warna, fasilitas dan lain sebagainya pada pemilihan mobil kerap melibatkan banyak anggota keluarga. karena sebagian banyak mobil tersebut digunakan untuk keluarga dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kepentingan rumah tangga. oleh sebab itu ada pengaruh keluarga dalam pembelian mobil tersebut.

contoh lainnya adalah pada pemakaian kartu perdana telepon. pada mulanya ayah dan ibunya menggunakan kartu perdana simpati. selang beberapa hari kemudian anaknya ikut terpengaruh memakai perdana simpati juga. hal tersebut dikarenakan agar berkomunikasi dengan keluarga lebih mudah dan terjangkau. dengan menggunakan perdana yang sama maka biaya sms dan biaya telepon menjadi lebih murah.

demikianlah contoh tentang pengaruh keluarga dan rumah tangga dalam perilaku konsumen yang dapat saya jabarkan.

sumber: http://mialestarisholihat.wordpress.com/2011/07/04/pengaruh-keluarga-dalam-perilaku-konsumen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar