Sabtu, 05 Januari 2013

PENGARUH KELAS SOSIAL DAN STATUS DALAM PERILAKU KONSUMEN

Kelas sosial dapat didefinisikan sebagai pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas yang berbeda, sehingga para anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status yang sama dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah, dalam kata lain dimana antara yang kaya dan miskin. Kelas sosial merupakan bentuk segmentasi yang hierarkis dan alamiah, dikarenakan aspek hierarkis kelas sosial begitu penting bagi pemasar dan produsen untuk menentukan konsumen mana yang akan dituju dari produk yang telah diciptakan, apa untuk status yang lebih tinggi atau status yang lebih rendah. dalam hal tersebut terlihat begitu ada ketidak adilan dan jarak terhadap konsumen, namun itu semua merupakan segmentasi yang alamiah karena semua sudah terjadi dan tercipta dengan sendirinya.

contoh dari pengaruh kelas sosial dalam perilaku konsumen dapat terlihat dari pembelian kebutuhan sehari-hari. Untuk kelas sosial dari status sosial yang lebih tinggi akan membeli barang kebutuhan yang bermerek dan terkenal. sedangkan untuk kelas sosial dari status yang lebih rendah akan membeli barang kebutuhan yang tidak memiliki merek terkenal dan membeli barang tersebut sesuai kemampuannya.

contoh lainnya adalah pengaruh kelas sosial dan status dalam perilaku konsumen terlihat pada saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Untuk kelas sosial dari status sosial yang lebih tinggi akan berbelanja di pasar swalayan. sedangkan ntuk kelas sosial dari status yang lebih rendah akan berbelanja di pasar tradisional. dilihat dari kedua tempat yang berbeda tersebut terkadang orang yang berbelanja dipasar tradisional merupakan orang yang memiliki status lebih rendah sedangkan orang yang berbelanja di pasar swalayan merupakan orang yang memilki status lebih tinggi.

demikianlah contoh dari pengaruh kelas sosial dan status dalam perilaku konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar