Kriteria Evaluasi
Kriteria evaluasi, salah satu
aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen, memegang peranan penting
dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen. Saat konsumen melakukan
aktivitas ini, mereka sedang mempertimbangkan atribut-atribut yang terdapat
pada satu produk dan menilai atribut mana yang lebih penting untuknya yang ia
gunakan sebagai dasar keputusan memilih produk (Kotler, 2005).
Penentuan Alternatif Pilihan
Kriteria Evaluasi
Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Beberapa kriteria eveluasi yang umum adalah:
Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Beberapa kriteria eveluasi yang umum adalah:
1.
Harga
2.
Nama Merek
3.
Negara Asal
4.
Saliensi Kriteria Evaluasi
Contoh:
Pada awal tahun ini Mira ingin
membeli sebuah handphone. Sebelum membeli handphone tersebut, Mira melakukan
beberapa survei kebebrapa tempat dan beberapa orang yang Mira kenal tentang
handphone mana yang harga terjangkau dan kualitas baik. Setelah Mira melakukan
beberapa survei ahirnya Mira membeli handphone Samsung Android. Mira membeli
handphone tersebut karena memiliki harga dan spesifikasi yang sesuai. Dan berdasarkan
merek pun Samsung merupakan merek handphone yang sangat baik dari dulu hingga
sekarang, terlebih sekarang ada layanan android. Maka tidak handphone tersebut
tidak ketinggalan jaman, dan Samsung selalu melakukan inovasi terkini. Karena telah
memiliki reputasi yang baik maka mengurangi resiko dalam pembelian. Oleh karena
hal tersebut diatas, maka Mira memilih membeli handphone merek Samsung Android.
Karena harga, kualitas, kriteria, merek, negara asal dapat
dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan yang Mira inginkan. Mira yakin membeli
handphone tersebut karena telah melakukan evaluasi sebelumnya kebeberapa
handphone, sehingga mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian. Begitulah pentingnya
evaluasi alternatif sebelum pembelian.
sumber:
http://rivaldiligia.wordpress.com/2011/12/14/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar