Minggu, 06 Januari 2013

EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN


Kriteria Evaluasi
Kriteria evaluasi, salah satu aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen, memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen. Saat konsumen melakukan aktivitas ini, mereka sedang mempertimbangkan atribut-atribut yang terdapat pada satu produk dan menilai atribut mana yang lebih penting untuknya yang ia gunakan sebagai dasar keputusan memilih produk (Kotler, 2005).


Penentuan Alternatif Pilihan
Kriteria Evaluasi
Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Beberapa kriteria eveluasi yang umum adalah:


1.        Harga
2.       Nama Merek
3.       Negara Asal
4.       Saliensi Kriteria Evaluasi


Contoh:
Pada awal tahun ini Mira ingin membeli sebuah handphone. Sebelum membeli handphone tersebut, Mira melakukan beberapa survei kebebrapa tempat dan beberapa orang yang Mira kenal tentang handphone mana yang harga terjangkau dan kualitas baik. Setelah Mira melakukan beberapa survei ahirnya Mira membeli handphone Samsung Android. Mira membeli handphone tersebut karena memiliki harga dan spesifikasi yang sesuai. Dan berdasarkan merek pun Samsung merupakan merek handphone yang sangat baik dari dulu hingga sekarang, terlebih sekarang ada layanan android. Maka tidak handphone tersebut tidak ketinggalan jaman, dan Samsung selalu melakukan inovasi terkini. Karena telah memiliki reputasi yang baik maka mengurangi resiko dalam pembelian. Oleh karena hal tersebut diatas, maka Mira memilih membeli handphone merek Samsung Android. Karena harga, kualitas, kriteria, merek, negara asal dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan yang Mira inginkan. Mira yakin membeli handphone tersebut karena telah melakukan evaluasi sebelumnya kebeberapa handphone, sehingga mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian. Begitulah pentingnya evaluasi alternatif sebelum pembelian.


sumber:
http://rivaldiligia.wordpress.com/2011/12/14/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar