Sebelum kita melakukan penelitian
ilmiah, baik itu untuk kepentingan pribadi, perusahaan, maupun akademis,
Langkah pertama harus kita tempuh adalah mengajukan Proposal Penelitian ke
beberapa pihak yang bersangkutan. Biasanya proposal penelitian ini digunakan
untuk kepentingan mencari dana (bagi peneliti individu), memperoleh ijin dari
instansi yang akan diteliti, serta memperoleh ijin dari kampus untuk
kepentingan penelitian akademisi.
Proposal penelitian harus bisa
merangkum garis besar poin-poin yang akan menjadi obyek penelitian serta
hipotesa sementara dari penelitian tersebut.
BERIKUT
INI CONTOH PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
A. JUDUL PENELITIAN
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Handphone Esia Pada Gerai Esia di Kawasan Margonda Depok.
B. PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Hampir
setiap orang saat ini telah memiliki dan menggunakan handphone dalam aktivitas
komunikasi. Perkembangan handphone berbasis “smartphone” mengalami perkembangan
yang sangat cepat. Berbagai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat
membuat pekerjaan kantor dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
Salah satu contoh smartphone adalah blackberry dan Samsung android. Pengguna
telepon seluler yang semakin pandai memilih produk yang dibutuhkan. Karena hal
tersebutlah setiap provider berusaha untuk memberikan fasilitas yang lebih baik
dari setiap layanan.
Meskipun
banyak fasilitas yang disediakan oleh smartphone tersebut, dan diminati oleh
semua kalangan terutama kalangan pebisnis. Provider Esia tidak kalah saing oleh
handphone-handphone berbasis smartphone tersebut, handphone Esia tetap diminati
oleh semua kalangan, meskipun berbasis CDMA. Dari segi harga dan fasilitas yang
disediakan provider Esia ini pun tidak kalah dengan handphone smartphone
tersebut. Hal tersebut mencerminkan bahwa meskipun bukan berbasis smartphone,
handphone Esia tersebut tetap diminati.
Dengan
melihat penguraian diatas tersebut, peneliti merasa ingin melakukan penelitian
mengenai apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Esia
tersebut, mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, desain
produk, harga, dan kepercayaan terhadap
loyalitas pelanggan.
Perumusan
Masalah
Dalam
penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk
beberapa pertanyaan sebagai berikut :
a.
Apa sajakah
faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada provider handphone
Esia?
b.
Apakah variabel
kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga, dan kepercayaan mempengaruhi
terhadap loyalitas pelanggan?
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
dari latar belakang dan perumusan masalah penelitian yang telah diuraikan,
tujuan dari penelitian ini adalah:
c.
Untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada provider
handphone Esia.
d.
Untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan,
desain produk, harga, dan kepercayaan terhadap loyallitas pelanggan.
Kegunaan Penelitian
Penelitian
ilmiah yang akan dilakukan penulis ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi
penulis sendiri maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan.
1. Manfaat akademis
Penelitian yang sangat berhubungan dengan manajemen dana bank, manajemen perkreditan, serta keuangan internasional diharapkan dapat lebih dipahami oleh pihak yang berkepentingan
2. manfaat dalam implementasi
Penelitian ini difokuskan pada bank Mandiri sebagai objek penelitian sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.
1. Manfaat akademis
Penelitian yang sangat berhubungan dengan manajemen dana bank, manajemen perkreditan, serta keuangan internasional diharapkan dapat lebih dipahami oleh pihak yang berkepentingan
2. manfaat dalam implementasi
Penelitian ini difokuskan pada bank Mandiri sebagai objek penelitian sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.
Batasan Masalah
Mengingat
begitu luasnya ruang lingkup pada penelitian ini, maka penulis membatasi
permasalahan tersebut pada:
1.
Melihat
begitu banyaknya jumlah merek telepon seluler di Indonesia, maka penulis dalam
penelitian ini memilih telepon seluler Esia sebagai bahan penelitian dilihat
dari segi loyalitas pelanggan telepon seluler Esia.
2.
Loyalitas
pelanggan terhadap sebuah produk terdiri beberapa faktor-faktor, sehingga
penulis akan mengelompokan faktor-faktor tersebut berdasarkan kualitas produk,
kualitas pelayanan, desain produk, harga, dan kepercayaan.
3.
Alat bantu
yang digunakan untuk menganalisa data statistik agar dapat diolah dan
ditampilkan sehingga dapat menyajikan suatu informasi dalam penelitian ini
adalah menggunakan software SPSS.
4.
Data yang
diteliti merupakan data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung
dari sumbernya, yaitu responden yang terpilih.
C. TINJAUAN PUSTAKA
Pemasaran merupakan sebagai suatu proses sosial
dan managerial yang membuat idividu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain.
Manajemen
pemasaran merupakan
sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasikan yang meliputi
pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap
kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat
dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang
berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi /
melebihi harapan.
loyalitas
adalah suatu komitmen yang mendalam
untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten
di masa yang akan datang sehingga dapat menyebabkan pengulangan pembelian merek
yang sama walaupun ada pengaruh situasi dan berbagai usaha pemasaran yang
berpotensi untuk menyebabkan tindakan perpindahan merek.
loyalitas
konsumen adalah komitmen yang
mendalam untuk membeli ulang atau berlangganan suatu produk atau jasa secara
konsisten di masa yang akan datang, dengan demikian mengakibatkan pengulangan
pembelian merek yang sama walaupun dipengaruhi situasi dan upaya pemasaran yang
mempunyai potensi untuk menyebabkan tindakan berpindah ke pihak lain.
Produk adalah semua yang bisa ditawarkan
dipasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang
dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen.
Kualitas
produk mencerminkan kemampuan
produk untuk menjalankan tugasnya yang mencakup daya tahan, kehandalan,
kemajuan, kekuatan, kemudahan dalam pengemasan, dan reparasi produk dan
ciri-ciri lainnya.
Kualitas
pelayanan adalah penilaian
konsumen tentang kehandalan dan superioritas pelayanan secara keseluruhan.
Konsumen akan membuat perbandingan antara yang mereka berikan dengan apa yang
didapat.
Desain dapat membentuk atau memberikan
atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada merek suatu
produk. Ciri khas dari suatu produk tersebut pada akhirnya akan dapat
membedakannya dengan produk-produk sejenis merek lain dari pesaing.
Harga
adalah sejumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau jasa, jumlah nilai
yang ditukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau
jasa.
Kepercayaan sebagai kesediaan (willingness)
seseorang untuk menggantungkan dirinya pada pihak lain dengan resiko tertentu.
Kepercayaan terhadap merek terbentuk dari pengalaman masa lalu dan interaksi
sebelumnya.
D.
PERUMUSAN HIPOTESA
Berdasarkan
perumusan masalah, tinjauan pustaka, dan tinjauan penelitian, maka dapat
ditarik hipotesis sementara dari penelitian ini, yaitu:
H1:
Semakin baik kualitas produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas
pelanggan pada suatu produk (Y).
H2:
Semakin baik kualitas pelayanan yang ditawarkan (X), maka semakin
tinggi
pula tingkat loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
H3:
Semakin baik desain suatu produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas
pelanggan pada suatu produk (Y).
H4:
Semakin wajar harga suatu produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas
pelanggan pada suatu produk (Y).
H5:
semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu produk (X),
maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
E. METODOLOGI PENELITIAN
Data Penelitian
1. Sumber Data
Sebagian
besar penelitian menggunakan sumber data berupa kuesioner.
2.
Jenis Data
Dengan
jenis data yang digunakan, yaitu:
Data kuantitatif dan Data kualitatif
3.
Tipe Data
Tipe data
yang digunakan dalam penelitian data ini berupa data primer dan data sekunder.
Data primer yaitu data yang berasal langsung dari sumber data yang dikumpulkan
secara khusus dan berhubungan langsung dengan pemersalahan yang diteliti. Data
primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari sumbernya, yaitu
responden yang terpilih
Objek Penelitian
Objek
penelitian adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan handphone
Esia, sedangkan sampel yang digunakan peneliti adalah 30 responden.
Alat Yang Digunakan
Alat Yang Digunakan
Alat bantu
yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah software SPSS
Model Analisis
Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linier berganda dengan metode uji validitas, uji
reliabilitas, dan uji asumsi klasik dengan uji multikolinearitas dan uji
autokorelasi.Model Analisis
F. RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana, maka semua biaya penelitian ini akan ditanggung oleh penulis.
G. JADWAL PENELITIAN
Minggu I : Persiapan
Minggu II - IV : pengumpulan dan analisis data
Minggu V - IX : penyusuna laporan
Minggu X-XII
sumber: http://carapedia.com/Contoh_Proposal_Penelitian_Ilmiah_info155.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar