Senin, 03 Oktober 2011

MEMBACA PELUANG PASAR

Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan (Kotler 1997:72)

Potensi pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah ditentukan (Kotler 1997:118)

Cara membaca peluang pasar sangat mudah apabila kita dapat memikirkan konsep usaha seperti apa yang akan kita jadikan usaha. Sebelum anda memulai usaha, anda harus mempertimbangkan hal penting dalam memulai usaha. Seperti :
1.     Jenis usaha.
2.    Jenis produk
3.    Target konsumen
4.    Lingkungan
5.    Legalitas
6.    Beresiko kecil
7.    Modal

Contoh peluang usaha yang saya lihat disekitar lingkungan rumah saya adalah seperti membuka usaha fotocopy dan warnet (warung internet). Saya memilih usaha tersebut karena rumah saya berdekatan dengan sekolah, nah disitu terdapat peluang untuk saya membuka usaha fotocopy dan warnet. Karena sebagian besar siswa dan siswi yang bersekolah tersebut membutuhkan hal tersebut. Untuk memfotocopy tugas sekolah dan untuk browsing tugas sekolah di warnet, dengan itu saya membaca peluang usaha tersebut. Tidak hanya ada peluang pasar, target konsumen dan lingkungan  yang saya pikirkan, tapi modal, system manajemen pun harus saya pikirkan. Agar apabila usaha ini gagal resiko yang akan saya dapatkan itu kecil. Begitulah peluang pasar yang saya lihat ada di lingkungan rumah saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar